Minggu, 03 Juni 2018

10.BALI

Ajaran asli Nusantara yang terekam di Bali adalah bukti ajaran pada peradaban maju Nusantara terdahulu yang mendasari palsafah yang tumbuh di India.

Tidak sebalik nya....

Agama  di  Bali  adalah  agama  yang  sangat  terjalin  dengan  seni  dan  ritual,   tidak seperti  keyakinan agama lain.

Agama  di  Bali tidak  memiliki  penekanan  tradisional  pada  siklus  kelahiran  kembali  dan  Reinkarnasi,  melainkan berkaitan  dengan  banyak  sekali  "Hyang",  sukma  leluhur. 

Ini bukti jelas sangat ber beda dengan palsafah dan ajaran dari india

Seperti  halnya   Dewa-Dewi  ini  dianggap  mampu  melahirkan  kebaikan .

Masyarakat  di  Bali  sangat  menekankan  ritual-ritual  perdamaian  yang  dramatis  dan  estetis  terhadap  para "Hyang".

Tuhan yg maha esa."Hyang Widhi Tunggal"

Ritual-ritual  ini  dilakukan  di  situs-situs  suci  dan  pura  yang  tersebar  di  seluruh  desa  dan  di pedesaan Bali,serupa dgn Tengger dan daerah lain di Nusantara.

Tempat  bersembahyang  atau  kuil  di  Bali  disebut  "Pura",  dan  tidak  seperti  "Mandir"  gaya  Hindustan yang menjulang  tinggi  dengan  ruang  interior.

Ini bukti fisik budaya Bali tidak meng impor budaya dari tanah india

"Kuil  Bali"  dirancang  sebagai  tempat  bersembahyang  di  udara terbuka  dalam  dinding  tertutup,  dihubungkan  dengan  serangkaian  gerbang  yang  dihiasi  secara  rumit  untuk mencapai  bagian  ruang  terbukanya. 

Masing-masing  kuil  ini  memiliki  keanggotaan  yang  kurang  lebih tetap, dimana  setiap  orang  Bali  adalah  bagian  dari  sebuah  kuil  berdasarkan  keturunan,  tempat  tinggal dll.

Beberapa  kuil  juga  terdapat  dalam  rumah  keluarga ,disebut  "Banjar", yang  lain  terletak  di  sawah,  dan  beberapa ada yang terletak  di  lokasi  geografis  yang  tertentu,tebing,pantai, gunung,  dsb

Ajaran ini bukan dan tidak berasal dari luar Nusantara Indonesia,ini ajaran asli Nusantara yang berawal dari peradaban yang lebih maju dari saat ini

Peradaban maju terdahulu Nusantara yang wilayah nya hampir 3/4 muka bumi menyebar meninggalkan jejak fisik dan palsafah,di antara nya tumbuh di dataran india menjadi agama

Pada abad 5 SM menjadi 2 agama besar ,lalu 9 Masehi lahir agama baru untuk membedakan diri dari agama sebelum nya juga tidak Islam di tanah india tersebut

Bali bukan India

Peradaban Nusantara terdahulu banyak meninggalkan jejak sejarah di Nusantara berupa situs situs punden berundak di antaranya Bhawna Sakha Phala(Borobudur),Sukuh,Situs gunung Padha Hyang dan lain nya.

Budaya Bali merekam kuat ajaran terdahulu Nusantara,sudah ada lebih dahulu sebelum datang nya ajaran yang bernama AGAMA di muka bumi.

Ajaran ini juga terekam samar pada Budaya asli lain nya di Nusantara Baduy,Sunda wiwitan,Parmalim,Aluk to dolo ,Tengger,Marapu,Tolotang,Tengger,Kapitayan,Kaharingan dll,ini bukan dari luar.

Peradaban maju terdahulu mengalami penyusutan di tandai dengan bencana Volkano  meletus nya gunung Toba 75.000 SM dan gunung Sunda yang saat ini meninggal kan lembah Bandung.

Peradaban awal maju di muka bumi ada di Nusantara...kemajuan nya melebihi kemajuan yang ada saat ini....

Dan imperium besar terdahulu itu berpusat di Nusantara,Ajaran dan Palsafah nya terekam kuat hingga kini pada budaya Bali.

Monumen catatan sejarah nya tergambarkan pada relief situs megah sebagai land mark kemajuan pada masa itu bernama "Bhawana Sakha Phala"

Lokasi situs itu berada di Jogya Magelang orang sekarang sebut dengan Borobudur.

ikuti terus kajian selanjut nya...


KAJIANUSANTA RA
Oleh : santosabasalomo
santosaba234@gmail.com

#BALI BUKAN INDIA


https://youtu.be/QS8gcEqjG-0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar